Kalau ada link atau artikel yang sudah usang (tidak work). Dimohon untuk berkomentar. Thanks for your attention.

Tips Membuat Artikel yang Baik


Tips Membuat Artikel yang Baik - Assalamu'alaikum! Artikel bisa kita anggap sebagai ungkapan kita terhadap seseorang yang membacanya. Ungkapan yang sampai ke pembaca mungkin berbeda dengan apa yang kita inginkan, karena setiap manusia pasti memiliki pendapat yang berbeda-beda. Artikel juga bisa menjadi sebuah media untuk mendekatkan diri si penulis dengan si pembaca. Tentu saja dengan ketentuan, apabila artikel yang kita buat bagus di mata pembaca. Bagus yang dimaksud itu tergantung pendapat si pembaca.

Artikel pun sangat berpengaruh untuk blog/situs. Artikel bisa kita bilang adalah jiwanya blog. Tanpa artikel, blog akan terasa hampa, akan terasa seperti mati. Mati dalam arti tidak akan ada yang meramaikan. Tidak ada yang datang berkunjung. Tapi, ternyata ada juga yang datang lho! Haah? Pasti dia adalah si pemilik blog, atau dia adalah orang yang membuka link blog di Social Network.

Saat kita membuat artikel, kita hanya menyusun rangkaian kata agar menjadi kalimat yang enak untuk dibaca. Tapi, apakah sobat tahu, bahwa ternyata artikel pun memiliki struktur. Mungkin sobat sudah punya versi sendiri, tapi kalau boleh jujur, saya pun menulis artikel hanya asal saja. Tidak tahu struktur yang sebenarnya. Maka dari itu, apabila sobat tahu struktur artikel yang benar, bisa berbagi dengan saya di sini atau di post lain. :)

Selain struktur artikel, untuk membuat artikel yang baik, pastinya kita harus menggunakan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD). Jangan sering menggunakan kata-kata yang tidak termasuk dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia. Dan jangan pula memasukkan kata yang hanya diketahui (kode) oleh sobat dan kelompok sobat saat membuat artikel, karena pasti akan membuat pembaca menjadi bingung.

Oke, saya ingin bertanya pada kalian. Kalian lebih suka membuat artikel yang panjang atau pendek? Mungkin ada yang memilih panjang, dan juga sebaliknya. Tapi, apa alasannya? Kalau artikel yang panjang, lebih terlihat profesional. Kalau yang pendek, lebih simple dan berbobot. Tapi tunggu dulu, apabila kita membuat artikel yang panjang, tapi banyak kalimat yang tidak masuk ke dalam tema/topik, bisa bahaya sob. Dan juga kalau kita membuat artikel yang pendek tapi tidak berbobot. :S

Menurut pengalaman saya selama ini, saat pertama saya masuk di dunia blogging, sudah banyak sekali artikel yang saya buat walaupun hanya hasil rangkuman dari artikel lain. Banyak artikel yang baik dan buruk (menurut saya). Dan bisa saya simpulkan, bahwa perasaan seseorang dapat berpengaruh saat membuat artikel. Saat mood buruk, maka hasilnya pun bisa ikut buruk, dan sebaliknya.

Bagi yang suka copy paste, sebaiknya cepat berhenti dari hal itu, sebelum menjadi kebiasaan. Copy paste ternyata sangat menyenangkan (bagi yang suka copy paste), dan sangat menjengkelkan (bagi yang di-copy). Kalau sobat tahu, Google sangat tidak menyukai blog yang menerbitkan post orang lain (post hasil copy paste). Sehingga, di SERP bisa-bisa tidak terindex. Buatlah post yang SEO Friendly agar blog kita sering muncul di SERP. Apa itu SEO dan SERP? baca di sini.

Masih banyak tips untuk membuat artikel yang baik. Tapi hanya beberapa yang dapat saya bagikan. Kalau sobat mau yang lebih lengkap, saya kasih link tentang artikel yang baik dari Wikipedia. Semoga tips ini bisa bermanfaat bagi kalian yang membaca. :)


Anda baru saja membaca Tips Membuat Artikel yang Baik yang ditulis oleh . Jika ingin copy paste artikel ini, dimohon agar mencantumkan link http://caratrikblog.blogspot.com/2012/05/menulis-artikel-dengan-mudah-dan-benar.html

Klik apabila artikel bermanfaat :

0komentar:

Posting Komentar

Berkomentar dengan menggunakan kalimat yang baik dan santun. Dimohon untuk tidak berkomentar SPAM, karena komentar akan dihapus!
Tips:" Berlangganan Via Email " terlebih dahulu agar komentar cepat dibalas!

Langganan via Email :

Pengikut

Link Teman

 
Kembali ke atas